Gaya Parenting Adaptasi Masa Pandemi

Gaya Parenting Adaptasi Masa Pandemi ini belum berakhir ya Mama.

Apa kabarnya kesehatan jiwa dan mental sekeluarga? Semoga kita semua makin pandai beradaptasi dengan perubahan-perubahan akibat pandemi ini.

Bicara soal perubahan, gaya hidup masa kini juga sudah banyak berbeda terutama dipengaruhi juga oleh pandemi ini. Teknologi sudah banyak membantu kehidupan kita sehari-hari. Tidak hanya untuk alat-alat yang meringankan pekerjaan kita namun juga alat komunikasi yang makin terasa kebutuhan penggunaannya. Berbeda gaya parenting, ada cara tertentu bagaimana orang tua masa kini menyikapi penggunaan teknologi tersebut terutama untuk si kecil. Apa aja sih bentuk adaptasi Mama dan suami terhadap perubahan zaman ini.

gaya parenting pandemi
Photo by Ketut Subiyanto from Pexels

Mamaduwen merangkumnya menjadi 4 bagian.

  1. Media sosial menjadi salah satu teman berbagi. Sangat penting kita sebagai orang tua untuk tidak lagi gaptek dan mulai mengenalkannya kepada si kecil. Media sosial bisa digunakan Mama dan si kecil untuk mendapatkan informasi. Tak jarang juga jadi tempat berbagi memori keluarga.
  2. Ada bermacam gaya parenting yang bisa dijadikan contoh. Menurut salah satu artikel parenting di the Asian Parent, 1 dari antara 5 ibu adalah generasi millenial. Pastilah gaya parenting yang di anut lebih kekinian dan cenderung menentang normal sosial tradisional.
  3. Mendukung adanya kerjasama antar pasangan. Bukan lagi hal yang tabu jika pekerjaan rumah dikerjakan oleh seluruh anggota keluarga sesuai porsi kemampuannya. Bahkan si kecil juga mulai bisa diberi tugas membersihkan mainannya sendiri sebagai bagian dari tanggung jawab personalnya di rumah.
  4. Memberikan kebebasan pada anak. Sebagai orang tua yang sudah memahami karakter dan kemampuan tanggung jawab anak, Mama dan suami terkadang membiarkan si kecil mengambil keputusan sendiri contohnya untuk extrakurikuler yang diikuti di sekolah. Atau si anak boleh menggunakan gadget tentunya dengan syarat dan ketentuan keluarga yang berlaku.

Dengan beberapa menyadari perubahan-perubahan gaya parenting yang Mama dan kita semua hadapi, kita bisa mengambil sikap untuk menghadapinya. Dengan mengadopsi salah satu gaya parenting mungkin bisa jadi penyelamat Mama dalam menghadapi situasi ini.